Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup)

Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup) - come back sahabat kunci jawaban kurikulum 2013, wow wow dan wow wow Pada hari yang cerah ini saya akan sharing sharing tentang Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup) semoga yang saya update ini yang kalian tunggu tunggu dan kalian juga bisa reques yg lainnya selamat menikmati Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup), saya telah menyediakan artikel ini khusus untuk kalian semua dari awal lagi sampai akhir Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup) . mudah-mudahan isi postingan kurikulum 2013 yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia materinya.

Judul yang anda cari : Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup)
link : Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup)

lihat juga


Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup)

Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan hubungan antara ciri khusus makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.
Kelas : VI Semester 1

I.  Berilah tanda silang pada jawaban yang benar !

1.     Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut ...

a. ekosistem                   
b. Ekologi                    
c. Adaptasi                  
d. Ekolokasi    

2.     Kemampuan untuk mendengarkan gema yang dimiliki kelelawar disebut  . . . .

a. ekolokasi                    
b. Ekologi                    
c. Asimilasi                  
d. Ekosistem   

3.     Untuk menangka makanannya, bunglon menggunakan . . . .

a. mulut yang panjang                                          
b. kaki yang kuat                                                 
c. lidah yang panjang dan lengket
d. ekor yang dapat berubah warna

4.     Ikan pemanah memiliki ciri khusus yang berbeda dari ikan-ikan lainnya, karena ikan pemanah….
 
a.   dan mangsanya sama-sama hidup di air tawar
b.   hidup di air tawar, mangsanya hidup di air laut
c.   hidup di air tawar, mangsanya hidup di daratan
d.   dan mangsanya berbeda bentuk tubuhnya

5.     Cecak memiliki lapisan perekat pada telapak kakinya untuk . . . .

a. merayap di dinding dan langit-langit     
b. menangkap mangsa dengan kakinya     
c. menarik perhatian cicak betinad. mengelabui musuh

6.     Penyerbukan pada bunga Rafflesia dibantu oleh . . . .

a. kupu-kupu                   
b. lalat                         
c. angin                                   
d. lebah

7.     Tumbuhan enceng gondok memiliki ciri sebagai berikut, kecuali . . . .

a.  hidup di air                                                    
b. bunganya untuk menangkap mangsa           
c. daunnya lebar untuk mempermudah penguapand. batangnya berongga untuk memperoleh oksigen

8.     Ciri-ciri tumbuhan berikut ini yang mencegah penguapan air terlalu banyak adalah . . . .

a. kulit batang tebal       
b. batang berongga      
c. daun yang lebar        
d. daun berbentuk jarum

9.     Untuk menarik serangga, daun kantong semar dapat mengeluarkan cairan yang disebut . . . .

a.  madu                          
b. Nektar                      
c. Getah                       
d. Darah          

10.  Kaktus dapat tumbuh didaerah padang pasir yang jarang turun hujan karena . . . .
a. mempunyai batang berwarna hijau                     c. Mempunyai banyak duri
b. akarnya berbentuk serabut panjang                   d. Batangnya dapat menyimpan air
 
II.      Isilah titik-titik dengan jawaban yang tepat !

  1. Lidah yang panjang dan lengket pada landak semut berguna untuk . . . .
  2. Cecak memutuskan ekornya pada saat tertangkap musuh. Kemampuan cecak ini disebut . . . .
  3. Unta menyimpan cadangan air dan lemak pada . . . .
  4. Bentuk paruh yang pipih dan lebar pada bebek berguna untuk . . . .
  5. Posisi kelelawar pada saat tidur ialah . . . .
  6. Daun-daun pada kaktus berbentuk . . . .
  7. Tumbuhan kantung semar hidup di rawa-rawa yang kekurangan zat. . ., oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangatbergantung pada serangga.
  8. Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Batangnya penuh . . . untukmelindungi diri dari musuh.
  9. Tumbuhan yang meranggas pada musim kemarau adalah . . . .
  10. Rongga pada batang enceng gondok berfungsi untuk membantu. . . .

III.   Jawablah pertanyaan berikut dengan uraian yang jelas !

  1. Sebutkan 3 ciri tumbuhan kaktus sehingga mampu hidup di daerah gurun !
  2. Sebutkan 3 ciri khusus tumbuhan hidrofit !
  3. Mengapa burung hantu masih dapat melihat, walaupun dengan cahaya yang sedikit ?
  4. Apa ciri khusus yang dimiliki oleh laba-laba ?
  5. Mengapa onta mampu berjalan dalam jarak yang sangat jauh di gurun tanpa kelelahan ? 


Demikianlah Artikel Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup)

Sekian materi kurikulum 2013 Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup), mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kurikulm 2013 kali ini semoga kalian bisa kembali lagi ke sini dan mengajak teman kalian menuju ke sini supaya saya lebih semangat lagi untuk update artikel maka sebarkan link blog ini dan jangan lupa untuk komentar bisa melalui facebook juga lho komentarnya .

Anda sedang membaca artikel Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup) dan artikel ini url permalinknya adalah https://jawaban-kurikulum2013.blogspot.com/2015/09/soal-ulangan-harian-i-ipa-ciri-khusus.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Soal Ulangan Harian I - IPA (Ciri Khusus Makhluk Hidup)"

Posting Komentar